Kendaraan umum sudah menjadi sebuah transportasi yang dibutuhkan oleh umat manusia. Namun sekarang ini kendaraan pibadi seperti motor dan mobil juga bisa disulap menjadi kendaraan umum, dengan tipe yang lebih spesifik yaitu ojek.

Memang dari dulu ojek sangat membantu kehidupan manusia. Seiring perkembangan jaman, dunia transportasi ojek pun ikut didigitalisasi. Sehingga menimbulkan sisi praktis tersendiri bagi penumpang maupun driver.

Di Indonesia, ada dua perusahaan start-up di bidang ini yang berhasil meraih status sebagai Decacorn (dengan arus keuangan sebanyak 10 miliar Dollar Amerika), yaitu Grab dan Gojek.

Grab Memakai Konsep Ride Sharing atau Ride Hailing?

Grab dan Gojek sama-sama menjadi penguasa di dunia ojek Indonesia saat ini, hingga melebar ke negara-negara tertangga termasuk Malaysia, Vietnam, dan lain-lain.

Kemampuan kedua perusahaan itu dalam mengubah kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum menyebabkan banyak perusahaan tertarik untuk mengucurkan dana kedalamnya.

Grab dan Gojek sama-sama menganut konsep Ride Hailing, dimana seorang driver menawarkan kendaraannya secara utuh untuk melayani penumpang. Berbeda dengan konsep Ride Sharing seperti yang dianut Uber beberapa tahun silam, mereka menawarkan kursi penumpang dengan sistem memberi tumpangan.

Kerugian dari sistem Ride Sharing adalah penumpang tidak bisa merasakan eksklusifitas yang ditawarkan oleh driver. Hal ini dikarenakan sistem Ride Sharing berorientasi kepada driver. Jadi penumpang harus terlebih dahulu mencari rute yang searah maupun mencari waktu yang tepat untuk bisa “jalan bareng” sang driver.

Grab Sang Decacorn, Ride Sharing Atau Ride Hailing?

Jika diperhatikan lebih dalam lagi, konsep Ride Sharing memang lebih condong kepada tindak sosial. Jadi, driver memanfaatkan uang dari penumpang untuk menutup sebagian pengeluaran mereka.

Driver juga tidak terlalu berorientasi kepada keuntungan, sehingga wajar saja jika Uber menyerah dan memilih bergabung kepada Grab yang notabene mengikuti konsep Ride Hailing.

Sekarang ini Grab sudah sangat terkenal di pasar Asia Tenggara. Mereka telah melebarkan sayap di berbagai negara sehingga wajar saja arus investasi yang dikucurkan perusahaan lain selalu dalam jumlah yang fantastis. Hal inilah yang menyebabkan kode promo Grab selalu tersedia untuk pengguna.

Ada berbagai penawaran menarik yang disediakan oleh Grab kepada pengguna setianya. Tersedia layanan antar jemput motor dan mobil yang akan terasa eksklusif tanpa perlu mengkhawatirkan jam perjalanan maupun biaya. Karena selalu ada kode promo Grab yang akan bisa anda pakai ketika bepergian bersama sang driver.

Selain itu, Grab juga memiliki fitur keamanan yang sangat lengkap dan bahkan bsia meminimalisir tindak kejahatan. Mereka mengharuskan driver dan penumpangnya untuk memasukkan data sebenar-benarnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada tindak kecurangan atau kejahatan yang terjadi ketika sudah di jalan.

Berbicara mengenai program yang ada di dalm aplikasi Grab, mereka tidak hanya menawarkan jasa antar jemput orang ke tempat tujuan. Namun perlakuan yang sama mereka tawarkan untuk makanan, barang, belanjaan, dan lain sebagainya. Dan kini Grab pun memiliki fasilitas cleaning service panggilan.

Menggunakan Grab sebagai teman setia di perjalanan maupun ketika membutuhkan apapun memang menguntungkan. Harga yang ditawarkan oleh Grab cenerung bersaing. Dan kadangkala, ada promo besar-besaran menunggu untuk anda pakai. Caranya adalah dengan memasukkan kode promo Grab pada layanan yang akan anda gunakan.

Semakin sering anda menggunakna layanan Grab, semakin banyak pula Grab Points yang akan anda dapatkan. Grab Points ini bisa anda tawarkan dengan berbagai hadiah menarik lainnya dari Grab seperti voucher e-commerce dan potongan harga.