Pernahkah kamu mengalami sakit pinggang? Penyakit ini tentu bukan lagi hal yang asing bagi kita. Banyak dari orang-orang menderita sakit pinggang, atau bahkan kamu sendiri sering ngelamai sakit yang satu ini. Sebenarnya, apa itu sakit pinggang? Bagaimana dengan gejala dan penyebab sakit pingang? Low back pain atau sakit pinggang adalah sakit pada punggung bagian bawah. Penderita sakit ini dapat mengalami rasa sakit yang hilang timbul maupun terus menerus pada salah satu sisi pinggang atau keduanya. Penyebab sakit pinggang antara lain karena cedera otot atau sendi di area pinggang. Cedera ini akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat beda berat atau melakukan gerakan secara berulang. Sakit pinggang juga dapat terjadi akibat duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman. Sakit pinggang pada anak-anak dapat terjadi akibat sering membawa tas yang terlalu berat. Faktor yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang terutama pada orang dewasa adalah memiliki berat badan lebih, kurang berolahraga dan berusia tiga puluh tahun ke atas.

Penyebab sakit pinggang lainnya adalah gangguan pada organ di tulang belakang atau gangguan pada organ bagian tubuh lainnya. Gangguan pada saraf tulang belakang yang dapat menyebabkan penyakit ini seperti pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan, cedera tulang belakang akibat terbentur atau kecelakaan, kelaian pada lengkung tulang belakang seperti lordosis, kifosis, dan skoliosis. Skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung seperti huruf C atau S. Penyakit ini sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertasnya. Sedangkan kifosis adalah kelainan di lengkungan tulang belakang yang membuat punggung bagian atas terlihat membulat atau bengkok tidak normal. sakit pinggang tidak hanya dirasakan di bagian belakang saja, namun juga ada pada bagian kiri dan kanan. Penyebab sakit pinggang bagian kiri biasanya rasa sakit yang menjad tanda dari masalah kesehatan tertentu dan hal ini cukup berbahaya. Penyebab dari rasa sakit di pinggang kiri adalah Irritable bowel syndrome (IBS) yang merupakan gangguan pada fungsi sistem pencernaan, otot kram, dan sakit batu ginjal pada ginjal sebelah kiri. Sedangkan penyebab sakit pinggang kanan antara lain seperti adanya masalah pada organ di daerah abdomen, bagian pelvis atau pinggang. Penyebab sakit pinggang bagian kanan seperti gejala sakit ginjal pada ginjal bagian kanan, penyakit degeneraitf tulang belakang, otot pinggang menegang, dan postur tubuh yang tidak benar ketika mengangkat beban.

Gejala dan Penyebab Sakit Pinggang

Setelah mengetahui penyebab sakit pinggang, kamu perlu untuk tahu gejala dari sakit pinggang itu sendiri. Menurut hellosehat.com gejala sakit pinggang dapat muncul ketika pinggang kamu cedera. Kamu akan kmerasakan sensasi seperti tersetrum atau merasakan rasa panas, sakit nyeri, kesemutan dan bahkan rasa kaku di sekitar pinggang. Gejala awalnya adalah pinggang terasa pegal, namun kelamaan sakitnya terasa menusuk hingga sulit untuk bergerak bahkan kadang sulit untuk berdiri. Penyakit ini biasanya terjadi karena adanya otot menegang sehabis melakukan pekerjaan berat. Kamu akan merasakan gejala yang tergantung dengan penyebab sakit pinggang yang kamu alami.

Bagaimana dengan pengobatannya? Obat sakit pinggang dengan resep dokter atau tanpa resep dokter dapat berupa penghilang rasa sakit topikal, yaitu obat penghilang rasa sakit yang dapat ditemukan di toko obat tanpa menggunakan resep dokter, obat anti nyeri seperti NSAID dan obat anti peradangan seperti ibuprofen dapat meredakan sakit pinggang, obat ini memerlukan resep dokter untuk mengonsumsinya.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang gejala yang penyebab sakit pinggang. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menangani gejalamu dengan tepat.